Kamis, 11 Januari 2018

LITERASI SEKOLAH DI SMPN 2 DOLOKSANGGUL

1.       Pengantar
SMP N 2 Doloksanggul merupakan salah satu sekolah mitra USAID PRIORITAS yang ada di Humbang Hasundutan, sumatera utara. Salah satu program sekolah mitra Usaid Prioritas adalah budaya baca atau gerakan literasi sekolah.
Tujuan dari program ini adalah menggerakkan minat baca bagi seluruh siswa, guru dan seluruh warga sekolah sehingga membaca menjadi kebiasaan yang baik bagi seluruh warga sekolah dan pada akhirnya membaca menjadi sumber ilmu pengetahuan.

2.       Program budaya baca :
1.       Baca Hening.

Kegiatan ini berlangsung setiap hari jumat pagi. 30 – 40 menit sebelum pembelajaran di mulai. Siswa  dan guru harus membaca buku, baik fiksi, non fiksi  atau buku pelajaran setelah mereka memasuki gerbang sekolah. Mereka mengambil tempat di tempat yang sudah disediakan di depan kelas masing-masing. Di akhir kegiatan, beberapa siswa menyampaikan intisari dari apa yang mereka baca.
   2. Pengadaan gerobak baca/ arena baca.
Selain pembenahan perpustakaan, sekolah juga menyediakan gerobak baca. Gerobak ini diisi berbagai jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Gerobak baca ini setiap hari ditempatkan di taman/ arena baca. Siswa yang memiliki waktu yang lowong atau pada saat istrahat dapat memanfaatkan waktu dengan membaca buku di arena/taman baca setelah mengambil buku dari gerobak baca. Selain bertujuan untuk meningkatkan minat baca, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai kejujuran siswa. 
   3. English Day
English day adalah salah satu program yang dilaksanakan setiap rabu pagi, 30 – 40 menit sebelum pembelajaran dimulai. Siswa berpidato, berpuisi, story telling, conversation dan bernyanyi dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini bertujuan untuk minat berbahasa Inggris dan membaca buku dalam bahasa Inggris.
   4. Program semua bisa pintar.
Program ini adalah program yang masih baru. Dilaksanakan pada bulan maret yang lalu. Program ini masih diterapkan untuk siswa kelas IX. Ke depan program ini akan dialksanakan untuk semua tingkatan. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar. Menjadi generasi yang tangguh dan tidak mudah putus asa. Program ini adalah kerjasama bank dunia dan kemendikbud. SMP N 2 Doloksanggul terpilih menjadi salah satu penyelenggara Program semua bisa pintar.

0 komentar:

Posting Komentar

https://smpn2doloksanggul.blogspot.com/